Pantai Teleng Ria, Tujuan Wisatawan Ke Pacitan

Pantai Teleng Ria adalah salah satu tujuan para wisatawan ke Pacitan. Pantai Teleng Ria terletak kurang lebih 4-5 km ke selatan dari arah kota. Dari arah terminal kota menempuh jarak kurang lebih 3 km. Pantai ini masih masuk dalam wilayah Kecamatan Pacitan sehingga banyak angkutan umum yang bisa dipilih. Angkutan umum yang bisa dipergunakan salah satunya adalah bus jurusan Pacitan-Solo.

 Pantai Teleng Ria Pacitan

Fasilitas yang tersedia di Pantai Teleng Ria antara lain hotel, restoran/warung makan, masjid, kolam renang, SPBU atau tempat pengisian bahan bakar kendaraan, Tempat Pelelangan Ikan, pelabuhan, dsb. Makanan yang dijual antara lain nasi thiwul, ikan laut bakar ataupun goreng, dan masih banyak lagi. Minuman khas di daerah pantai yaitu es degan atau kelapa muda.

SPBU Pantai Teleng Ria 
(Foto diambil sebelum Pelabuhan selesai dibangun)


Di pelabuhan banyak para nelayan dan para pemancing ikan. Saya pun juga pernah memancing di sini dengan menggunakan umpan udang kecil dan berhasil mendapatkan ikan maupun kepiting. Bagi yang pernah mengunjungi Pantai Teleng Ria pasti tidak akan menyesal karena pemandangannya yang sangat bagus.

Pantai Pacitan termasuk ke dalam wilayah pantai selatan Jawa yang merupakan bagian dari Samudera Indonesia. Oleh sebab itu, pantai selatan mempunyai ombak yang lebih besar daripada pantai yang ada di sebelah utara Pulau Jawa. Bagi wisatawan yang mau menceburkan diri ke laut untuk bermain atau berenang, harap berhati-hati mengingat ombak laut yang besar.

Pantai Srau di Kecamatan Pringkuku, Pacitan

Pemandian Banyu Anget di Kecamatan Arjosari, Pacitan

Objek wisata lain yang tidak kalah bagusnya antara lain Pantai Srau (Kec. Pringkuku), Pantai Klayar (Kec. Donorojo), Pantai Watu Karung, Gua Gong (Kec. Punung), Gua Tabuhan (Kec. Donorojo), Gua Putri (Kec. Pringkuku), Gua Kalak (Kec. Donorojo), dan Pemandian Banyu Anget (Kec. Arjosari). Banyaknya objek wisata yang ada di Kabupaten Pacitan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang menarik untuk berekreasi ke kota yang mendapat julukan seribu satu gua ini. Mari kita jadikan Pacitan sebagai salah satu tujuan wisata saat musim liburan tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya.
Jangan lupa untuk berkunjung lagi pada kesempatan yang lain.