Kurkumin Kunyit Cegah Serangan Jantung Kambuh


Aliza Marcella
Penggunaan kurkumin dalam jumlah sedang memang cukup baik.

CHIANG MAI, Jaringnews.com - Sebuah penelitian di Thailand mengungkapkan, ekstrak kunyit yang dikenal bisa menjadi antioksidan dan anti-inflamasi, dapat membantu menghindari serangan jantung pada orang yang baru saja menjalani operasi bypass. Sejauh ini, kunyit dikenal sebagai obat tradisional, terutama di Cina dan India. Kunyit bahkan diketahui bisa membantu mengobati kanker.

"Kesimpulan ini didasarkan pada subjek dalam kelompok kecil, yang masih perlu dikonfirmasikan dengan penelitian yang lebih besar," ujar Wanwarang Wongcharoen, ketua peneliti Universitas Chiang Mai, seperti dilansir Reuters.

"Penelitian menunjukkan, peradangan yang memiliki peran penting memicu beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, dan efek kurkumin--pigmen kuning pada kunyit--bisa mengatasinya," kata Bharat Anggarwal, peneliti yang mempelajari manfaat kurkumin dalam terapi kanker di MD Anderson Cancer Center di Houston, Texas.

Ilmuwan melakukan penelitian lain pada 121 pasien yang menjalani non-darurat operasi bypass di rumah sakit antara 2009 dan 2011. Beberapa pasien diberi satu gram kapsul kurkumin yang akan dikonsumsi empat kali sehari selama tiga hari sebelum operasi dan berlanjut hingga lima hari setelah operasi. Sebagian besar lainnya diberi kapsul plasebo--kapsul kosong--untuk jumlah yang sama.

Para peneliti menemukan, selama perawatan pasca operasi, 13 persen pasien yang memakai kapsul kurkumin mengalami serangan jantung lebih rendah daripada mereka yang tidak mengambil kapsul kurkumin. Setelah mempertimbangkan semua perbedaan pra operasi, Wongcharoen dan rekan-rekannya menghitung, orang yang mengkonsumsi kurkumin memiliki risiko 65 persen lebih rendah terkena serangan jantung. Para peneliti mengatakan peran kurkumin seperti antioksidan dan anti-peradangan sehingga membantu meminimalkan kerusakan pada pasien jantung.

"Selama bertahun-tahun, kurkumin diketahui berfungsi untuk mengurangi peradangan dan mengurangi keracunan oksigen atau kerusakan yang disebabkan radikal bebas dalam sejumlah studi. Tapi ini tidak berarti kurkumin merupakan pengganti obat. Penggunaan kurkumin dalam jumlah sedang memang cukup baik. Tapi saya tidak akan pergi ke toko obat dan mengambil empat gram kurkumin per hari, seperti yang dilakukan penelitian ini," ujar Jawahar Mehta, seorang ahli jantung dari University of Arkansas for Medical Sciences di Little Rock, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

(Aml / Nky)

Sumber: http://jaringnews.com/hidup-sehat/umum/13747/kurkumin-kunyit-cegah-serangan-jantung-kambuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya.
Jangan lupa untuk berkunjung lagi pada kesempatan yang lain.