47 Persen Anak Usia Dini Pacitan Belum Tersentuh PAUD


[ 29/01/2013, 13:57 WIB ]

Pemerintah terus berupaya mendorong keberadaan pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk mempersiapkan generasi emas yang tangguh dan memiliki daya saing. Pendirian lembaga PAUD akan diperbanyak, agar anak-anak usia dini ini mendapatkan pembelajaran yang layak sebelum masuk pendidikan formal.

Hanya sayang, keberadaan PAUD di Kabupaten Pacitan belum mampu menyentuh semua anak. Terutama yang tinggal di wilayah pedesaan. Menurut Bunda PAUD Ny. Luki Indartato,  Selain karena kurang terjangkaunya lembaga PAUD itu sendiri bagi mereka yang tinggal di pelosok, juga karena faktor ekonomi. Bahkan yang memprihatinkan, masih banyak orang tua yang kurang memahami pentingnya mempersiapkan pendidikan anak melalui PAUD.

Sampai saat ini menurut istri Bupati Pacitan Indartato itu, baru sekitar 55,3 persen dari 51 ribu lebih anak di Pacitan yang bersekolah di PAUD. Capaian angka yang masih membutuhkan perhatian berbagai pihak. Termasuk kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan dini.

Ny. Luki Indartato berharap PAUD dapat merata di seluruh wilayah Pacitan agar mutu pendidikan sejajar baik yang ada di kota maupun di pedesaan. Begitu juga dengan para guru PAUD agar senantiasa meningkatkan kualitas dan kemampuan. Memberikan stimulan yang tepat bagi anak semisal dengan memperkaya alat permainan yang edukatif.(Riz)

Sumber: http://www.pacitankab.go.id/berita/berita.php?id=1012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya.
Jangan lupa untuk berkunjung lagi pada kesempatan yang lain.