Kunyit Obat Maag (Sakit Lambung/Perut)

Siapa bilang kunyit haya dapat dipakai sebagai pelengkap bumbu masakan? Nyatanya kunyit dapat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah maag.
Di antara sekian banyak tanaman berkhasiat yang diteliti di Indonesia, kunyit merupakan salah satu yang ampuh unukpenyakit maag, dan masyarakatpun sudah tidak asing lagi tentunya dengan tanaman ini. Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. hasil penelitian menunjukkan, dengan kunyit laju penyembuhan meningkat 23.3% pada kelinci dan 24.4% pada tikus.

Penemuan ini dan juga penggunaanya secara tradisional untuk maag, merangsang penelitian lebih lanjut. Pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral pada kelinci secara nyata menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mucus pada mukosa lambung. Bahkan, penyembuhannya dilakukan dengan menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir kekejangan otot dinding lambung.

Selain mengkonsumsi kunyit yang telah diolah menjadi minuman, pada penderita maag dianjurkan pula untuk makan dalan jumlah sedikit namun sering. Penyembuhan penyakit maag juga bisa menggunakan tanaman obat lainnya. Misalnya dengan mencampur tanaman yang bersifat demulcent, antacid, dan astringent, akan dapat diperoleh sediaan paling baik untuk pengobatan luka-luka pada usus. Dosisnya masing-masing 165 mg/kg bobot badan untuk jus kunyit dan 10 gr/kg bobot badan untuk bubuk kunyit.

Usaha identifikasi kandungan aktif kunyit mengerah kepada penemuan curcumin. Secara eksperimental curcumin efektif mencegah dan memperbaiki luka lambung yang diinduksi oleh phenylbutazone dan aspirin. Curcumin meningkatkan mucus lambung sehingga aktivitas nyeri lambung dapat dijelaskan melalui stimulasi produksi mucus. Percobaan klinis efek kunyit pada penderita dilakukan terhadap 10 pasien.

0bat diberikan secara oral dengan dosis 2 kapsul 250 mg selama empat kali sehari, setengah samapai satu jam sebelum makan dan sebelum tidur. Pemeriksaan endoskopik dijalankan periodic sebelum pengobatan dan 4, 8, 12 minggu setelah pengobatan. Maag sepenuhnya terobati pada lima pasien dalam waktu empat minggu atau tujuh pasien dalam waktu 4-12 minggu.

Sumber: http://bl-health.blogspot.com/2009/03/kunyit-itu-obat-maag-loh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya.
Jangan lupa untuk berkunjung lagi pada kesempatan yang lain.