Antisipasi OPT, Pasang Perangkap Hama


[ 12/02/2013, 15:01 WIB ]

Mengantisipasi sebaran hama yang setiap saat menyerang tanaman padi milik petani, pemerintah menerapkan teknologi tepat guna berupa peralatan perangkap hama. Piranti mirip lampu suar tersebut dipasang di areal persawahan  yang ditanami padi.

Layaknya lampu penerangan, dalam waktu singkat banyak serangga yang mendekat. Selanjutnya binatang-binatang tersebut terjebak dalam wadah yang telah disiapkan di bawah lampu. Serangga yang terkumpul akan dievaluasi petugas secara berkala untuk mengetahui sebaran maupun populasi hama pada areal sawah sekitar.

Menurut koordinator Pengamat Organisme Penggangu Tanaman (POPT)  UPT proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Jatim Heroe Soeprijono, secara teknis satu unit peralatan tersebut mencakup lahan seluas 5 hektar. Sedangkan perangkat yang ada saat ini baru 38 unit. Untuk mencakup semua lahan sawah di Pacitan hal itu masih jauh dari ideal.

Karena masih terbatas, pihaknya berharap ada upaya lain dari pemerintah daerah. Ini karena, peralatan yang ada saat ini masih bantuan dari Kementerian Pertanian. Meski masyarakat kemungkinan dapat merekayasa peralatan tersebut secara mandiri, namun terbentur masalah biaya. Terutama untuk pengadaan surya sel sebagai sumber energi dan peralatan timer untuk menghidupkan dan mematikan alat. (Riz)

Sumber: http://www.pacitankab.go.id/berita/berita.php?id=1017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya.
Jangan lupa untuk berkunjung lagi pada kesempatan yang lain.