Pemkab Pacitan Jamin Pelajar Korban Asusila Tetap Dapat Mengenyam Pendidikan


[ 07/03/2013, 16:32 WIB ]

Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jatim menjamin pelajar korban tindakan asusila tetap dapat melanjutkan pendidikan. Jika karena alasan kejiwaan mereka keberatan melanjutkan di sekolah lama, dinas pendidikan akan mengupayakan melalui jalur non formal semisal kejar paket.

Kepada wartawan usai rapat sinkronisasi dengan jajaran Polres di Graha Bhayangkara, Jl Ahmad Yani, Sugeng Basuki, Kepala Dinas Pendidikan mengatakan, dalam beberapa kejadian asusila dengan korban pelajar baik orang tua maupun siswa biasanya menginginkan pidah sekolah. Kondisi ini dapat dimaklumi mengingat trauma psikologis yang mereka alami.

Sedangkan untuk kasus lain yang tergolong ringanselama ini dapat diselesaikan di tingkat sekolah. Yakni dengan mekanisme pembinaan serta pendampingan oleh pendidik.

Guru berkewajiban memantau serta memberikan pembekalan agar yang bersangkutan tidak kembali mengulang kesalahan yang dilakukannya. Disisi lain pendamping mutlak diperlukan untuk mengembalikan rasa percaya diri korban sehingga dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan lancar.

Belajar dari banyak kasus asusila dengan korban maupun pelaku pelajar, pihaknya akan menyusun rambu-rambu sebagai acuan penanganan kasus serupa. Nantinya upaya terpadu itu akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Baik kepala sekolah, dinas pendidikan/ kepolisian maupun jajaran Satpol PP.

Hal senada diungkapkan Bupati Pacitan Indartato. Ditemui usai membuka rapat sinkronisasi, orang nomor satu di Kota 1001 Goa menilai kejadian yang menimpa sejumlah siswa belakangan ini merupakan musibah. Oleh karena itu, penyelesaiannya harus melibatkan semua pihak. Bukan hanya lembaga pemerintah maupun sekolah, melainkan juga orang tua.

Semua pihak, pesan bupati, harus lebih peduli dan sering berkomunikasi dengan anak-anak. Sehingga mereka akan mendapat perhatian penuh. Disamping itu orang tua juga dapat memantau secara dini kecenderungan yang terjadi pada anaknya. (Pur)

Sumber: http://www.pacitankab.go.id/berita/berita.php?id=1031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya.
Jangan lupa untuk berkunjung lagi pada kesempatan yang lain.